TUGAS KARYA ILMIAH KEWIRAUSAHAAN
Tema : Entrepreneur and Marketing Strategy
“Mengembangkan Bisnis dengan Pemasaran Digital dan Teknologi Modern”
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah kewirausahaan
Dosen : Dr.Ir.Eddy Soeryanto Soegoto
Disusun Oleh :
NAMA : Disca Amelia
NIM : 10114345
KELAS : KWU-10
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
2017
i
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang Maha Esa,karena atas berkat dan hidayah Nya kami bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik. Tugas ini dikerjakan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kewirausahaan dengan Tema : Entrepreneur and Marketing Strategy (“Mengembangkan Bisnis dengan Pemasaran Digital dan Teknologi Modern”).
Didalam tugas ini terdapat banyak kekurangan, untuk itu saya ingin mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.Kritik dan saran akan saya terima sebagai suatu masukan yang baik untuk saya di kedepannya. Tidak lupa saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya tugas ini,mudah-mudahan semua bantuannya di berikan balasan yang terbaik oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Untuk itu , sekali lagi saya ucapkan maaf yang sebesar-besarnya, mudah-mudahan tugas ini bermanfaat bagi kita semua.Terima kasih.
Bandung,05 Juni 2017
Penulis
ii
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .......................................................................................................... i
DAFTAR ISI ........................................................................................................................ ii
DAFTAR GAMBAR ......................................................................................................... iii
ABSTRACT ...................................................................................................................... 4
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................................... 5
I.1.Latar Belakang ............................................................................................................. 5
I.2.Tujuan Masalah ............................................................................................................ 6
I.3.Rumusan Masalah ........................................................................................................ 6
BAB II LANDASAN TEORITIS .................................................................................... 7
II.1. Bisnis ......................................................................................................................... 7
II.2. Sasaran Bisnis ............................................................................................................ 8
II.3. Strategi Bisnis ............................................................................................................ 8
II.4. Pemasaran .................................................................................................................. 9
II.5. Konsep Penjualan dan Pemasaran ........................................................................... 10
II.6. Perencanaan Strategi Pemasaran ............................................................................. 11
II.7. Komunikasi Pemasaran Modern .............................................................................. 11
II.8. Digital Marketing .................................................................................................... 12
BAB III PROSES DAN HASIL .................................................................................... 13
III.1. Peran Digital Marketing Terhadap Bisnis .............................................................. 13
III.2. Perencanaan Strategi Pemasaran Digital Yang Baik Untuk Bisnis ........................ 13
III.3. Dampak Positif dan Dampak Negatif Digital Marketing Terhadap Bisnis ............ 15
III.4. Solusi Pemasaran Digital ....................................................................................... 16
III.5. Langkah-langkah Pemasaran Digital ..................................................................... 17
III.8. Bahasa Marketing (Digital Marketing) Untuk Pemasaran Online ......................... 18
III.6. Kunci Sukses Pemasaran Digital ........................................................................... 20
III.7. Tool Digital Marketing (Untuk Fondasi Bisnis Online) ........................................ 20
iii
III.8. Contoh Product dengan Pemasaran Digital ............................................................ 27
BAB IV ........................................................................................................................... 28
KESIMPULAN ............................................................................................................... 28
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................................... 29
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1 (KonsepUtama Pemasaran) 9
Gambar 2 (Konsep Pemasaran) 10
4
ABSTRACT
Pemasaran adalah salah satu hal yang penting dalam suatu bisnis, sistem pemasaran yang baik merupakan suatu cara agar produk tetap bisa bertahan/hidup di pasaran. Pemasaran tidak hanya sekedar pengembangan produk yang baik dan penetapan harga yang menarik. Kendala yang dihadapi adalah pada efisiensi anggaran untuk media komunikasi pemasaran. Teknologi informasi khususnya digital marketing sangat mempengaruhi dunia usaha atau dunia bisnis, bahkan pemanfaatan pemsaran berbasis digital sebagai trend setter di era modern ini. Digital Marketing merupakan suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.Digital Marketig modern memerlukan lebih dari sekedar pengembangan produk yang baik, penetapan harga yang menarik, dan ketersediaan bagi konsumen sasaran.
5
BAB I PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang
Dunia Usaha dan bisnis merupakan pelaku ekonomi terbesar dalam meningkatkan perekonomian di indonesia merupakan jembatan sebagai menutupi pasar nasional dalam masa krisis, terlebih di sektor usaha kecil, perusahaan besar mampu membuat perekonomian indonesia semakin membaik, selain menjadi faktor naiknya perekonomian di indonesia sektor usaha merupakan bagian terpenting memberikan peluang kerja masyarakat di indonesia dalam mengurangi upaya pengangguran.
Salah satu kunci keberhasilan dunia usaha adalah tersedianya pasar yang jelas bagi produk mereka. peran teknologi modern sangat berpegaruh bagi kelangsungan pemasaran suatu produk dan jasa yang di lakukan perusahan dan seorang pengusaha keduanya tidak lepas di zaman era modern seperti sekarang.
Salah satu gagasan di era modern ini yaitu pemasaran melalui digital marketing dimana para pengusaha ataupun perusahaan dapat memasarkan produknya ke khalayak luas, mempromosikan produk, melalukan transaksi usaha dll. serta melakukan komunikasi bisnis lainnya secara menyeluruh, dalam rangka memperluas jaringan usahanya, serta dipercaya memiliki efisiensi anggaran yang cukup hemat.
6
I.2.Tujuan Masalah
Berdasarkan latar belakang maka tujuan dari karya ilmiah ini adalah sebagai berikut:
Memberikan satu analisis mengenai seberapa besar peran Digital Marketing bila digunakan sebagai upaya pemasaran bisnis
Menjelaskan Bagaimana Bisnis bisa berjalan dengan baik dan sukses melalui cara pemasaran berbasis digital(Digital Marketing)
Menjelaskan Bagaimana Strategi Pemasaran (Marketing Mix) bisa berjalan dengan baik melalui bantuan Digital Marketing
I.3. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan batasan masalah diatas,maka rumusan masalah yang akan dibahas dalam karya ilmiah ini adalah :
Seberapa Besar Peran Digital Marekting di Era Modern ini bagi pemasaran Bisnis Seorang Pengusaha dan Perusahaan?
Apakah Bisnis dapat berjalan baik dan sukses jika digunakan pemasaran secara digital?
Bagaimana Perencanaan Strategi Pemasaran Digital yang ampuh untuk memulai Bisnis di era zaman modern seperti sekarang?
Apakah Digital Marketing memberikan dampak positif/dampak negtaif terhadap omset bisnis yg dijalani seorang pengusaha/perusahaan?
7
BAB II LANDASAN TEORITIS
II.1. Bisnis
Bisnis adalah aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok ornag atau perusahaan dalam bentuk jasa atau barang untuk memperoleh laba (profit) .(Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014:40).
Beberapa fungsi dari bisnis yaitu :
Mengubah bentuknya
Memindahkan tempat produk itu
Mengubah kepemilikan
Menunda waktu kegunaan
Macam-macam bisnis dikelompokkan berdasarkan aktivitasnya, yaitu :
Barang
Manufaktur
Jasa : Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
Pengecer dan distributor. Contoh Toko Warabala
Bisnis Pertanian dan Pertambangan
Utilitas
Bisnis Transportasi
Jenis-jenis Bisnis adalah sebagai berikut:
Monopsoni
Monopoli
Oligopoli
Oligopsoni
8
II.2. Sasaran Bisnis
Dalam Menetapkan bisnisnya, perusahaan harus menetapkan target bisnisnya sebagai target kerja, untuk perusahan baru targetnya mencari pelanggan sebanyak-banyaanya, dan untuk perusahaan lama bisa meningkatkan pertumbuhan pendapatan dam omset perusahaan.
Dalam menetapkan sasaran bisnisnya, Top manajemen setiap perusahaan harus merumuskannya melalui Rapat Pimpinan (Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014:132). Melalui rapat pimpinan, garis besar sasaran bisnis ditetapkan untuk selanjutnya dijabarkan dan dilaksanakan oleh Midle Management. Sasaran bisnis yang telah dijabarkan di timgkat manajemen menengah kemudian dilaksanakan oleh lower Management sesuai bagian dan bidang tugas masing-masing, untuk berinteraksi langsung dengan konsumen.
Sebagaimana dikemukakan oleh Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014: 137) bahwa Tujuan Penetapan Sasaran Bisnis yaitu :
1. Memberi Arah dan panduan bagi para manajer pelaksana
2. Alokasi Sumber daya
3. Membangun Budaya Perusahaan
4. Membantu Manajer Menilai Kinerja
II.3. Strategi Bisnis
Merumuskan Strategi bisnis berarti menciptakan program yang luas dari aspek praktis dalam menetapkan sasaran, menetapkan jadwal dan memilih taktik, yang menggambarkan maksud organisasi.
Perumusan Strategi dilakukan baik oleh manajemen puncak maupun melibatkan seluruh anggota organisasi. Strategi bisnis berisi garis besar bagaimana bisnis mencapai tujuannya dan bagaimana bisnis merespons tantangan dan kebutuhan baru. Startegi bisnis yang dirumuskan dengan baik penting bagi keberhasilan suatu bisnis. Sebagaimana dikemukakan oleh Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014: 138) bahwa Rumusan strategi bisnis dijabarkan sebagai berikut :
1. Menetapkan Sasaran Strategis
2. Menganalisis Organisasi dan Lingkungan
3. Menyesuaikan Organisasi dan Lingkungan
9
II.4. Pemasaran
Pemasaran adalah proses perencaanaa dan pelaksanaan konsepsi,penetapan harga, promosi, dan distribusi atas ide,barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran agar dapat memuaskan kebutuhan pelanggan dan perusahaan sekaligus.(Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014:162).
Dalam peranan strategisnya, pemasaran mencakup setiap usaha untuk mencapai kesesuaian antara perusahaan dan lingkungannya dalam rangka mencari pemecahan atas dua masalah pokok, yaitu :
Pertama bisnis apa yan digeluti perusahan pada saat ini dan jenis bisnis apa yang dapat dimasuki di masa yang akan datang. Kedua, bagaimana bisnis yang telah dipilih tersebut dapat dijalankan dengan sukses dalam lingkungan yang kompetitif atas dasar persfektif produk,harga,promosi,dan distribusi (bauran pemasaran) untuk melayani pasar sasaran (Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014:163).
Gambar 1 (KonsepUtama Pemasaran)
10
II.5. Konsep Penjualan dan Pemasaran
Dalam suatu aktivitas bisnis, terdapat perusahaan yang lebih menekankan pada penjualan produk daripada pemasaran produk.
Perusahan yang mempraktikan konsep penjualan,menjual apa yang mereka buat daripada membuat apa yang pasar inginkan. Secara kontras, perusahaan yan mempraktikan konsep pemasaran, menentukan kebutuhan dan keinginan pasar dan menirimkan produk atau jasa yang di inginkan secara lebih efektif dan efisien dari pada apa yang dilakukan pesaingnya (Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014:168).
Argumen pemasar yang menganut konsep pemasaran, adalah sederhanya, yaitu :
1. Aktivitas Perusahaan memiliki nilai yang kecil tanpa adanya pelanggan
2. Pemasaran adalah menarik dan mempertahankan pelanggan.
3. Pelangan ditarik melalui tawaran-tawaran yang unggul dibandingkan pesaing dan dipertahankan melalui kepuasan
4. Tugas Pemasaran adalah mengembangkan tawaran yang unggul dan memberikan kepuasan kepada pelanggan.
5. Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kinerja departmen departmen lain
6. Pemasaran perlu mempengaruhi department-departmen lain itu untuk bekerja sama dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan.(Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014:169).
Gambar 2 (Konsep Pemasaran)
11
II.6. Perencanaan Strategi Pemasaran
Perencanaan Merupakan salah satu manajemen yg penting dalam pemasaan manakala perencanaan salah maka pemsaran yg ditargetkan pun akan jauh dari sasaran. Kesalahan perencanaan dapat berada pada awal perencanaan itu sendiri ataupun pada saat proses perencanaan itu berlangsung. Banyak perencaan yang gagal dikarenakan rencana tersebut tidak mempunyai pondasi yg tangguh yang relevan dengan kondisi sosial budaya masyarakat yg ada di sekitar.
II.7. Komunikasi Pemasaran Modern
Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang bernilai bagi orang lain (Kotler : 2008)
Contoh 6 Hal tren baru pemasaran di Indonesia:
a. Pelanggan ingin mendapatkan layanan prima
b. Pelanggan semakin kritis
c. Pelanggan ingin lebih diperhatikan
d. Pelanggan memiliki daya beli
e. Situasi persaingan semakin kompetitif
f. Pengguna internet terus meningkat
12
II.8. Digital Marketing
Teknologi digital telah banyak membantu para pebisnis dalam mengolah berbagai pemasran produknya, digital marketing banyak mengubah cara pendang pebisnis dalam emasarkan produknya, para pebisnis dimanjakan bagaiman mengolah cara pemsaran yg efektif untuk membangn citra produknya agar laku dipasaran dan agar bisa tahan di dunia pasar. Digital marekting tidak hanya fokus pada barang melainkan jasa juga sudha banyak yg dipromosikan melalui digital marketing.
Pengusaha menjadikan digital marketing sebagai alat untuk memonitor penjualan produknya baik itu profit penjualan,siapa saja yg membeli produknya dll. Sementara Internet, mungkin, saluran yang paling terkait dengan pemasaran digital, yang lainnya termasuk Pesan teks, Pesan yg berasal dari mobile, aplikasi mobile, suarat elektronik, saluran televisi digital dan radio, dll.
13
BAB III PROSES DAN HASIL
III.1. Peran Digital Marketing Terhadap Bisnis
Dengan berkembangnya kemajuan teknologi sangat mempermudah orang untuk mencari berita dengan cepat, sebagian orang menggunakan digital sebagi media komunikasi atau bisa saja sebagai kegiatan marketing. Digital marketing berperan penting dalam dunia bisnis karena banyak sekali produk-produk dari sebuah perusahaan atau pengusaha yg terkenal melalui digital marekting atau internet marketing yg membuat produknya habis dan laku dipasaran . Peran ditial marketing bagi konsumen mempermudah calon pembeli menemukan informasi mengena barang yang akan di belinya, sedangkan bagi penjual/perusahaan digital marekting membantu pemasaran produk yg akan di jualnya. Dalam dunia pemasaran digital marketing sangat berperan penting terhadap apakah omset penjualan menaik atau bahkan menurun kita bisa ketahui dari berbagai macam flatporm yg ada di internet untuk membantu penjualan produk dan jasa kita.
III.2. Perencanaan Strategi Pemasaran Digital Yang Baik Untuk Bisnis
Ada beberapa langkah-langkah sederhana mengenai strategi pemasaran dalam digital marketing yang sangat efektif membangun kesadaran digital dan meningkatkan kesadaran merek. Adapun strategi pemasaraannya Sbb :
A. Langkah 1. Pahami target pasar ; Siapa mereka ? Dimana Mereka? Jurnal apa yang mereka baca?
B. Langkah 2. Analisa Pesaing; Jangan abaikan pesaing. Lakukan penelitian terhadap mereka untuk melihat bagaimana mereka menggunakan saluran pemasaran digital dalam menjangkau pelanggan.
Yang harus diperhatikan dalam analisis pesaing :
14
1. Identifikasi siapa saja yang terlibat dalam bisnis tersebut. Kita dapat mengetahui siapa pesaing bisnis kita.
2. Analisis Atribut-atribut yang dimiliki oleh pesaing utama, kegiatan ini dapat dilakukan dengn melakukan analisis SWOT atas bisnis yang sedang kita lakukan dibandingkan dengan pesaing utama,kesimpulannya analisis pesaing merupakan salah satu alat yang sangat penting untuk memulai secara kreatif memikirkan kembali (creative rethinking) strategi-strategi yang kita miliki (Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014:190).
C. Langkah 3. Memprioritaskan Saluran Digital ; Banyak sekali media digital yg diperuntukan untuk mempromosikan barang, tinggal kita pilih maan yg cocok untuk mempromosikannya seperti (Facebook,Twitter,IG dll)
D. Langkah 4. Memaksimalkan Potensi Saluran Produk ; Memaksimalkan saluran merupakan langkah yg di ambil setealah kita tahu tujan bisnis kita apa semua tergantung tujuan setelah tujuan jelas makan tahap selanjutnya adalah memaksimalkan saluran.
E. Langkah 5. Mengukur Hasil Yang Telah di capai; Membuat pengukuran indikator misalnya menaikan omset yg tadinyas ekitar 20% menjadi 30%, melakukan pencairana alami sekian persen, mengukur apakah melalui media sosial a produk dan jasa kita bisa berkembang.
F. Langkah 6. Analisis Efektivitas ; Menguji apakah pemsaran yg kita lakukan sudah pas, melalui goole anlytyc ataupun media lainnya seperti facebook twitter dl
15
III.3. Dampak Positif dan Dampak Negatif Digital Marketing Terhadap Bisnis
A. Kelemahan Pemasaran digital Tradisional
Pemasaran secara tradisional tidak bisa melihat laporan secara instan terkadanag bebrapa orang merespon melalui sms ataupun panggilan telfon dari data yg terpampang di iklan/spanduk, tetapi para pebisnis tidak bisa melihat trafic seberapa pengunjung yg melihtnya. Sebenearnya bisa saja dilihat dari seberapa banyak konsumen yg menelepon kita atau sms, tapi hal tersebut dilakukan dengan waktu yg lama.
Pemasaran secara tradisional terkadang membuat pembeli malas untuk membaca selebaran iklan yg ada di kertas dibandingkan iklan yg tertera di media sosial dll
Pemasaran Tradisional tidak bisa melihat trafic seberapa pengunjung yg melihtnya. Sebenearnya bisa saja dilihat dari seberapa banyak konsumen yg menelepon kita atau sms, tapi hal tersebut dilakukan dengan waktu yg lama.
B. Keunggulan Digital Marketing
Internet menjadi salah satu digital marketing terluas yg dapat menjangkau keseluruh dunia, selain itupun dalam dunia marketing internet bisa memberikan umpan balik terhadap pengusah berupa data yg falid.
Dengan media digital online tsb, memungkinkan sebuah perusahan melihat siapa yg membeli catatan track penjualan dll
Digital marketing online cepat dan menjangkau dengan jangkauanluas diabndingkan pemasaran tradisional
Media digital memungkinkan konsumen untuk mengetahui informasi sebelum membeli produk sebagai contoh mana saja yg akan dia beli, selain itu media digital membantu pembeli untuk berkomunikasi dengan penjual nya langsung baik via webchat atau media sosial lainnya.
Dengan Media Digital Bisa meningkatkan omset penjualan
Media Digital membuat pemasaran produk/jasa akan lebih menarik
16
Media Digital membuat perusahan bisa melihat tarfic penjualan barang yg di post di suatu media
Media digital memungkinkan konsumen untuk mengetahui informasi sebelum membeli produk sebagai contoh mana saja yg akan dia beli, selain itu media digital membantu pembeli untuk berkomunikasi dengan penjual nya langsung baik via webchat atau media sosial lainnya.
Contoh Perusahaan Yang Memakai Digital Marketing, Ada beberapa contoh perusahaan yang menggunakan Digital Marketing diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Perusahaan Apple
2. Perusahaan Honda
3. Perusahaan Yamaha
4. Perusahaan Samsung
5. Perusahaan Nokia
III.4. Solusi Pemasaran Digital
Solusi pemasaran digital meliputi penggunaan berbagai cara pengiriman yg digunakan untuk memperluas jaringan suatu perusahaan terhadap konsumen. Persuahan memerlukan banyak solusi agar bisa mendapatkan konsumen sebanyak mungkin. Paradigma dlaam hal ini perusahaan harus membuat komitmen yg tiggi untuk pemsaran digital baik investasi teknolgi dan inovasi. Dan alhasil solusi pemasaran yang ideal berupa mencapai, retensi, dan pendapatan dan omset yg tinggi.
Aturan dalam pemasaran digital :
1. menciptakan komunitas virtual dan target segmen.
2. Memperluas Portofolio Produk secara global.
3. Gunakan harga yang kreatif dan murah .
4. Mengutamakan desain yg menjual bagi komsumen.
5. Gunakan eksperimentasi yang bersifat adaptif dan pendekatan menyeluruh terhadap konsumen.
17
III.5. Langkah-langkah Pemasaran Digital
Kesadaran
Pengusaha/Perusahan dapat membangun kesdaran pembeli melalui situs-situs ataupun melalui iklan-ikln di internet.
Ketertarikan
Ketertarikan muncul setelah adanya kesdaran, dari situ pembeli mulai sadar dan mencari informasi baik secara ofline maupun online. Secara ofline pembeli akan mencari informasi dengan langsung datang ke pasara, sedangkan secra online pembeli akan mencari tau melalui iternet ataupun surat kabar.
Keinginan
Muncul Keinginan membeli prouk yg ditawarkan dengan mencari keterangan produk jasa nya di berbagai media baik harga kegunaan dll.
Aksi
Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.
18
III.8. Bahasa Marketing (Digital Marketing) Untuk Pemasaran Online
Salah satu hal paling sederhana yang dapat seorang pengusaha lakukan ketika mengelola bisnis online adalah dengan memperhatikan diksi (pemilihan kata) atau bahasa marketing dalam usaha online yang Anda jalankan. Pemilihan kata yang tepat untuk menarik pelanggan merupakan cara yg sangat tepat untuk menarik pelanggan dan menaikan omset penjualan produk.
Beberapa bahasa marketing yang biasa digunakan para pebisnis untuk menarik pelanggan :
1. Anda atau Kamu ?
Penggunaaan Kata anda dan kamu terlihat simple namun tak jarang anda itu di ibaratkan kaku dibandingkan dengan kamu, tak jarang sekarang banyak perusahaan memakai kata kamu terhadap pelanggannya seolah-olah kesan firendly dan bersahabat terhadap pelanggannya, dibandingkan dengan anda yg terdengar kaku sebuah perusahaan sekarang sudah banyak yg memakai kata kamu terhadap sapaan ke pelangannya.
2. Kata “GRATIS” yang Menjual
Kata gratis yg sangat menjual hampir semua orang tergoda dengan kata gratis ataupun seperti diskon besar-besaran, mengapa karena di jaman yg sekarang banyak orang yg lebih peka terhadap produk yg di pasarkan gratis(gratis dalam arti disini biasanya didapatkan dengan syarat tertentu) misalnya beli 1 gratis 1 dll. Orang-orang akan tertarik jikalau terdapat penjual yg melakukan strategi penjualan tersebut
3. Kata “NEW” yang memberikan kesan Baru
Kata new ternyata sangat efektif untuk meningkatkan rasa penasaran calon pelanggan tak khayal para pelanggan akan manruh ekpetasi tinggi terhadap barang dan jasa misalkna new produk, new design dll. Pada dasarnya memang semua kembali lagi terhadap penilaian pelanggan masing-masing tai berdasarkan yg sudah banyak terjad bahwa kata new dianggap sangat ampuh terhadap omset penjualan.
19
4. Kata ”AMAN” yang Membuat Nyaman
Penggunaan kata aman memang sangat efektif di zaman sekarang contohnya di dalam produk makanan atau minuman, konsumen akan nyaman jiga produk yg kita jual bersifat aman terlebih lagi terhadap produk makanan. Oleh karena itu disarankan bagi pengusaha untuk mendaftarkan produk makanan/minumannya ke bpom.
5. Hebatnya kata “GARANSI”
Kata garansi sangat efektif menarik pelanggan karena pelanggan berfikir bahwa barang yang akan dibelinya merupakan asli bukan palsu terlebih pelanggan akan yakin bahwa produk yg dijual bersertifikasi resmi artinya barang itu bukan palsu atau tiruan, tapi kata garansi harus di pakai dengan semestinya jangan sampai membohongi calon pembeli.
20
III.6. Kunci Sukses Pemasaran Digital
Harus memperhatikan istilah pada AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action).
Pasar adalah tempat komunikasi dua arah. Untung memperoleh komunikasi para agen penjual harus melakukan fostioning trhadap produk yg dijualanya biasanya di forum blog,twitter dll
Gunakanlah media sosial yang sering digunakan kebanyakan orang agar mempermudah konsumen mencari informasi produk tersebut
Buatlah konten yang semenarik mungkin agar konusmen terpacu untuk membeli produk yg anda pasarakan
Gunakanlah pemasaran yg firendly dengan kata lain segala informasi harus bisa di akses oleh pelanggan (baik itu informasi harga produk dll)
Menggunakan bahasa mareting yang menarik
III.7. Tool Digital Marketing (Untuk Fondasi Bisnis Online)
Selain Strategi Pemasaran dan Konsep Penjualan yang baik ada juga faktor yang mempengaruhi seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya yaitu untuk selalu memonitoring project bisnisnya dengan tim bisnis nya atau dengan pelanggannya,bahkan sekaligus untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi ketika menjalankan bisnis oleh karena itu di zaman modern seperti sekarang susah banyak tool tool digital marketing yang akan mempermudah dan membantu menyelesaikan masalah tersebut.
Terdapat 3 Kategori Digital Marketing yaitu Management Project dan kolaborasi, Management Sosial Media, Marketing, dan Customer Support.
A. Management Project dan Kolaborasi
1. Trello
21
digunakan untuk bekerja secara kolaborasi atau untuk sebuah tim yang tidak harus saling bertemu dalam satu tempat atau ruangan, dalam kata lain aplikasi ini bisa membantu seorang pengusaha dan partner kerjanya menyelesaikan pekerjaan tanpa harus bertemu atau tatap muka.
2. Slack
digunakan untuk bekerja secara kolaborasi atau untuk sebuah tim yang tidak harus saling bertemu dalam satu tempat atau ruangan, dalam kata lain aplikasi ini bisa membantu seorang pengusaha dan partner kerjanya menyelesaikan pekerjaan dengan membicarakannya di dalam aplikasi ini bisa dibilang bahwa aplikasi ini seperti wechat atau whatsapp.
22
3. Folderit
Folderit yaitu Cloud Document Management System, yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil dan menengah. Tool ini aman, yang sangat penting saat seorang pengusha harus menyimpan dokumen sensitif dan mudah digunakan. Seluruh tim bisa menggunakannya bersama, yang membuat sharing dokumen penting lebih mudah dan sederhana.
B. Manajemen Sosial Media
1) Hootsuite
Hootsuite memungkinkan Seorang Pengusaha mengontrol dan memantau akun sosial media di satu tempat.
23
2) Buffer
Buffer, merupakan media digital marketing yang dapat menemukan konten dan jadwal posting yang direkomendasikan. Hal ini memungkinkan untuk pengalaman kerja tim yang mulus dan menyediakan segala macam wawasan yang berharga juga.
C. Tool Pemasaran
1. Metrilo
Metrilo merupakan, data Analytics yang mudah dicerna, CRM (Customer Relationship Management) untuk membangun profil pelanggan dan solusi email marketing lengkap sehingga Anda dapat bertindak atas semua data yang dihasilkan website Anda.
24
2. Google Analytics
layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Dengan kata lain bahwa bagi seorang pengusaha aplikasi ini sangat penting untuk melihat seberapa banyak orang yg mengunjungi website penjualan kita.
3. Mailchimp
Email marketing marekitng merupakan sebuah cara pendekatan kepada pelanggan melalui media elektornik yaitu surat elektronik, disitu para pengusaha bisa mengiklankan produknya melalui informasi berbasis email
25
D. Dukungan Pelanggan
1. HiverHQ
HiverHQ adalah Tool Email kotak masuk bersamaan yg bisa saja digunakan seorang pengusaha untuk memberikan tugas kepada anggota tim nya memonitoring trafic penjualannya.
26
2. Intercom
Intercom adalah solusi pendukung pelanggan yang lebih disesuaikan dengan tim menengah ke atas karena harganya sedikit lebih tinggi.
Seorang Pengusaha dapat dengan mudah membangun seluruh pusat bantuan di dalamnya. Seorang pengusaha tidak hanya bisa menggunakannya untuk membangun pusat bantuan, namun juga dapat mempermudah beberapa usaha pemasaran . Intercom menjaga semua orang / perusahaan yang berinteraksi dengan bisnisnya di satu tempat, di mana dapat memberi tag, melibatkan, dan memberikan edukasi.
27
III.8. Contoh Product dengan Pemasaran Digital
Di zaman modern yg basis hampir keseluruhan orang menggunakan digital tak aneh bila kebanyakan dari entrepreuner-entrepreuner indonesia suda mulai merambah memasarkan produknya melalui pemasran digital. Contohnya Reza Nurhilman beliau merupakan pemilik kripik predas yg sanagt terkenanl dibandung yaitu kripik maicih, beliau menjual kripiknya melalui medi sosial seperti facebook,twitter hasilnya reza sekarang sudah mendapatkan omset puluhan juta rupiah perbulan dan menjadikannya salah satu pengusaha muda tersukses di bandung. Selain entrepreneur ada juga perusahaan dengan digital marketing sukses contohnya Pocari Sweat membuat campaign pocari dimana produknya sering kali kita liat di iklan” tv maupun pinggir jalan dengan menggaet Girlband JKT48 sebagai brand ambasador nya membuat pocari semakin terkenanl dan tak khayal membuat omset perusahaan naik drastis, tak berhenti samapi disitu pocari juga membuat pocarimen yaitu sticker yg hanya bisa di download di aplikasi Line, satu jam peluncurannya sticker tersebut berhasil di copy sebnayak 1 juta download oleh masyarakat indonesia.
28
BAB IV
KESIMPULAN
Pemasaran adalah salah satu hal yang penting dalam suatu bisnis, sistem pemasaran yang baik merupakan suatu cara agar produk tetap bisa bertahan/hidup di pasaran. Pemasaran tidak hanya sekedar pengembangan produk yang baik dan penetapan harga yang menarik. Kendala yang dihadapi adalah pada efisiensi anggaran untuk media komunikasi pemasaran. Teknologi informasi khususnya digital marketing sangat mempengaruhi dunia usaha atau dunia bisnis, bahkan pemanfaatan pemsaran berbasis digital sebagai trend setter di era modern ini. Digital Marketing merupakan suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.Digital Marketig modern memerlukan lebih dari sekedar pengembangan produk yang baik, penetapan harga yang menarik, dan ketersediaan bagi konsumen sasaran.
29
DAFTAR PUSTAKA
Soegoto, Eddy Soeryanto. Entrpreneurship: Menjadi Pebisnis Ulung. Elex Media Komputindo, 2009.
Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing .
Khan, F., & Siddiqui, K. (2013). The Importance of Digital Marketing: An Exploratory Study to Find The Perception and Effectiveness of Digital Marketing amongst The Marketing Proffesionals in Pakistan. Journal of Information Sytems and Operations Management , 1-8.
Kotler, Philips. 2009. Manajemen Pemasaran (Terjemahan) Jilid 9. Jakarta : PT.Prehallindo
Machfoedz, M., 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Cakra Ilmu: Yogyakarta
Majalah Marketing/no.12/IX/Desember 2009 , Akses Maret 2014
Rahardjo, B., 2009. Diary Budi rahardjo. Oase Media: Bandung
Tandjung, J. W., 2011. 18 Jurus Ampuh Menyiasati Persaingan Bisnis. Andi Publisher: Yogyakarta.
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya.
30
Tema : Entrepreneur and Marketing Strategy
“Mengembangkan Bisnis dengan Pemasaran Digital dan Teknologi Modern”
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah kewirausahaan
Dosen : Dr.Ir.Eddy Soeryanto Soegoto
Disusun Oleh :
NAMA : Disca Amelia
NIM : 10114345
KELAS : KWU-10
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
2017
i
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang Maha Esa,karena atas berkat dan hidayah Nya kami bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik. Tugas ini dikerjakan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kewirausahaan dengan Tema : Entrepreneur and Marketing Strategy (“Mengembangkan Bisnis dengan Pemasaran Digital dan Teknologi Modern”).
Didalam tugas ini terdapat banyak kekurangan, untuk itu saya ingin mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.Kritik dan saran akan saya terima sebagai suatu masukan yang baik untuk saya di kedepannya. Tidak lupa saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya tugas ini,mudah-mudahan semua bantuannya di berikan balasan yang terbaik oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Untuk itu , sekali lagi saya ucapkan maaf yang sebesar-besarnya, mudah-mudahan tugas ini bermanfaat bagi kita semua.Terima kasih.
Bandung,05 Juni 2017
Penulis
ii
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .......................................................................................................... i
DAFTAR ISI ........................................................................................................................ ii
DAFTAR GAMBAR ......................................................................................................... iii
ABSTRACT ...................................................................................................................... 4
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................................... 5
I.1.Latar Belakang ............................................................................................................. 5
I.2.Tujuan Masalah ............................................................................................................ 6
I.3.Rumusan Masalah ........................................................................................................ 6
BAB II LANDASAN TEORITIS .................................................................................... 7
II.1. Bisnis ......................................................................................................................... 7
II.2. Sasaran Bisnis ............................................................................................................ 8
II.3. Strategi Bisnis ............................................................................................................ 8
II.4. Pemasaran .................................................................................................................. 9
II.5. Konsep Penjualan dan Pemasaran ........................................................................... 10
II.6. Perencanaan Strategi Pemasaran ............................................................................. 11
II.7. Komunikasi Pemasaran Modern .............................................................................. 11
II.8. Digital Marketing .................................................................................................... 12
BAB III PROSES DAN HASIL .................................................................................... 13
III.1. Peran Digital Marketing Terhadap Bisnis .............................................................. 13
III.2. Perencanaan Strategi Pemasaran Digital Yang Baik Untuk Bisnis ........................ 13
III.3. Dampak Positif dan Dampak Negatif Digital Marketing Terhadap Bisnis ............ 15
III.4. Solusi Pemasaran Digital ....................................................................................... 16
III.5. Langkah-langkah Pemasaran Digital ..................................................................... 17
III.8. Bahasa Marketing (Digital Marketing) Untuk Pemasaran Online ......................... 18
III.6. Kunci Sukses Pemasaran Digital ........................................................................... 20
III.7. Tool Digital Marketing (Untuk Fondasi Bisnis Online) ........................................ 20
iii
III.8. Contoh Product dengan Pemasaran Digital ............................................................ 27
BAB IV ........................................................................................................................... 28
KESIMPULAN ............................................................................................................... 28
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................................... 29
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1 (KonsepUtama Pemasaran) 9
Gambar 2 (Konsep Pemasaran) 10
4
ABSTRACT
Pemasaran adalah salah satu hal yang penting dalam suatu bisnis, sistem pemasaran yang baik merupakan suatu cara agar produk tetap bisa bertahan/hidup di pasaran. Pemasaran tidak hanya sekedar pengembangan produk yang baik dan penetapan harga yang menarik. Kendala yang dihadapi adalah pada efisiensi anggaran untuk media komunikasi pemasaran. Teknologi informasi khususnya digital marketing sangat mempengaruhi dunia usaha atau dunia bisnis, bahkan pemanfaatan pemsaran berbasis digital sebagai trend setter di era modern ini. Digital Marketing merupakan suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.Digital Marketig modern memerlukan lebih dari sekedar pengembangan produk yang baik, penetapan harga yang menarik, dan ketersediaan bagi konsumen sasaran.
5
BAB I PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang
Dunia Usaha dan bisnis merupakan pelaku ekonomi terbesar dalam meningkatkan perekonomian di indonesia merupakan jembatan sebagai menutupi pasar nasional dalam masa krisis, terlebih di sektor usaha kecil, perusahaan besar mampu membuat perekonomian indonesia semakin membaik, selain menjadi faktor naiknya perekonomian di indonesia sektor usaha merupakan bagian terpenting memberikan peluang kerja masyarakat di indonesia dalam mengurangi upaya pengangguran.
Salah satu kunci keberhasilan dunia usaha adalah tersedianya pasar yang jelas bagi produk mereka. peran teknologi modern sangat berpegaruh bagi kelangsungan pemasaran suatu produk dan jasa yang di lakukan perusahan dan seorang pengusaha keduanya tidak lepas di zaman era modern seperti sekarang.
Salah satu gagasan di era modern ini yaitu pemasaran melalui digital marketing dimana para pengusaha ataupun perusahaan dapat memasarkan produknya ke khalayak luas, mempromosikan produk, melalukan transaksi usaha dll. serta melakukan komunikasi bisnis lainnya secara menyeluruh, dalam rangka memperluas jaringan usahanya, serta dipercaya memiliki efisiensi anggaran yang cukup hemat.
6
I.2.Tujuan Masalah
Berdasarkan latar belakang maka tujuan dari karya ilmiah ini adalah sebagai berikut:
Memberikan satu analisis mengenai seberapa besar peran Digital Marketing bila digunakan sebagai upaya pemasaran bisnis
Menjelaskan Bagaimana Bisnis bisa berjalan dengan baik dan sukses melalui cara pemasaran berbasis digital(Digital Marketing)
Menjelaskan Bagaimana Strategi Pemasaran (Marketing Mix) bisa berjalan dengan baik melalui bantuan Digital Marketing
I.3. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan batasan masalah diatas,maka rumusan masalah yang akan dibahas dalam karya ilmiah ini adalah :
Seberapa Besar Peran Digital Marekting di Era Modern ini bagi pemasaran Bisnis Seorang Pengusaha dan Perusahaan?
Apakah Bisnis dapat berjalan baik dan sukses jika digunakan pemasaran secara digital?
Bagaimana Perencanaan Strategi Pemasaran Digital yang ampuh untuk memulai Bisnis di era zaman modern seperti sekarang?
Apakah Digital Marketing memberikan dampak positif/dampak negtaif terhadap omset bisnis yg dijalani seorang pengusaha/perusahaan?
7
BAB II LANDASAN TEORITIS
II.1. Bisnis
Bisnis adalah aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok ornag atau perusahaan dalam bentuk jasa atau barang untuk memperoleh laba (profit) .(Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014:40).
Beberapa fungsi dari bisnis yaitu :
Mengubah bentuknya
Memindahkan tempat produk itu
Mengubah kepemilikan
Menunda waktu kegunaan
Macam-macam bisnis dikelompokkan berdasarkan aktivitasnya, yaitu :
Barang
Manufaktur
Jasa : Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
Pengecer dan distributor. Contoh Toko Warabala
Bisnis Pertanian dan Pertambangan
Utilitas
Bisnis Transportasi
Jenis-jenis Bisnis adalah sebagai berikut:
Monopsoni
Monopoli
Oligopoli
Oligopsoni
8
II.2. Sasaran Bisnis
Dalam Menetapkan bisnisnya, perusahaan harus menetapkan target bisnisnya sebagai target kerja, untuk perusahan baru targetnya mencari pelanggan sebanyak-banyaanya, dan untuk perusahaan lama bisa meningkatkan pertumbuhan pendapatan dam omset perusahaan.
Dalam menetapkan sasaran bisnisnya, Top manajemen setiap perusahaan harus merumuskannya melalui Rapat Pimpinan (Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014:132). Melalui rapat pimpinan, garis besar sasaran bisnis ditetapkan untuk selanjutnya dijabarkan dan dilaksanakan oleh Midle Management. Sasaran bisnis yang telah dijabarkan di timgkat manajemen menengah kemudian dilaksanakan oleh lower Management sesuai bagian dan bidang tugas masing-masing, untuk berinteraksi langsung dengan konsumen.
Sebagaimana dikemukakan oleh Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014: 137) bahwa Tujuan Penetapan Sasaran Bisnis yaitu :
1. Memberi Arah dan panduan bagi para manajer pelaksana
2. Alokasi Sumber daya
3. Membangun Budaya Perusahaan
4. Membantu Manajer Menilai Kinerja
II.3. Strategi Bisnis
Merumuskan Strategi bisnis berarti menciptakan program yang luas dari aspek praktis dalam menetapkan sasaran, menetapkan jadwal dan memilih taktik, yang menggambarkan maksud organisasi.
Perumusan Strategi dilakukan baik oleh manajemen puncak maupun melibatkan seluruh anggota organisasi. Strategi bisnis berisi garis besar bagaimana bisnis mencapai tujuannya dan bagaimana bisnis merespons tantangan dan kebutuhan baru. Startegi bisnis yang dirumuskan dengan baik penting bagi keberhasilan suatu bisnis. Sebagaimana dikemukakan oleh Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014: 138) bahwa Rumusan strategi bisnis dijabarkan sebagai berikut :
1. Menetapkan Sasaran Strategis
2. Menganalisis Organisasi dan Lingkungan
3. Menyesuaikan Organisasi dan Lingkungan
9
II.4. Pemasaran
Pemasaran adalah proses perencaanaa dan pelaksanaan konsepsi,penetapan harga, promosi, dan distribusi atas ide,barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran agar dapat memuaskan kebutuhan pelanggan dan perusahaan sekaligus.(Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014:162).
Dalam peranan strategisnya, pemasaran mencakup setiap usaha untuk mencapai kesesuaian antara perusahaan dan lingkungannya dalam rangka mencari pemecahan atas dua masalah pokok, yaitu :
Pertama bisnis apa yan digeluti perusahan pada saat ini dan jenis bisnis apa yang dapat dimasuki di masa yang akan datang. Kedua, bagaimana bisnis yang telah dipilih tersebut dapat dijalankan dengan sukses dalam lingkungan yang kompetitif atas dasar persfektif produk,harga,promosi,dan distribusi (bauran pemasaran) untuk melayani pasar sasaran (Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014:163).
Gambar 1 (KonsepUtama Pemasaran)
10
II.5. Konsep Penjualan dan Pemasaran
Dalam suatu aktivitas bisnis, terdapat perusahaan yang lebih menekankan pada penjualan produk daripada pemasaran produk.
Perusahan yang mempraktikan konsep penjualan,menjual apa yang mereka buat daripada membuat apa yang pasar inginkan. Secara kontras, perusahaan yan mempraktikan konsep pemasaran, menentukan kebutuhan dan keinginan pasar dan menirimkan produk atau jasa yang di inginkan secara lebih efektif dan efisien dari pada apa yang dilakukan pesaingnya (Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014:168).
Argumen pemasar yang menganut konsep pemasaran, adalah sederhanya, yaitu :
1. Aktivitas Perusahaan memiliki nilai yang kecil tanpa adanya pelanggan
2. Pemasaran adalah menarik dan mempertahankan pelanggan.
3. Pelangan ditarik melalui tawaran-tawaran yang unggul dibandingkan pesaing dan dipertahankan melalui kepuasan
4. Tugas Pemasaran adalah mengembangkan tawaran yang unggul dan memberikan kepuasan kepada pelanggan.
5. Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kinerja departmen departmen lain
6. Pemasaran perlu mempengaruhi department-departmen lain itu untuk bekerja sama dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan.(Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014:169).
Gambar 2 (Konsep Pemasaran)
11
II.6. Perencanaan Strategi Pemasaran
Perencanaan Merupakan salah satu manajemen yg penting dalam pemasaan manakala perencanaan salah maka pemsaran yg ditargetkan pun akan jauh dari sasaran. Kesalahan perencanaan dapat berada pada awal perencanaan itu sendiri ataupun pada saat proses perencanaan itu berlangsung. Banyak perencaan yang gagal dikarenakan rencana tersebut tidak mempunyai pondasi yg tangguh yang relevan dengan kondisi sosial budaya masyarakat yg ada di sekitar.
II.7. Komunikasi Pemasaran Modern
Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang bernilai bagi orang lain (Kotler : 2008)
Contoh 6 Hal tren baru pemasaran di Indonesia:
a. Pelanggan ingin mendapatkan layanan prima
b. Pelanggan semakin kritis
c. Pelanggan ingin lebih diperhatikan
d. Pelanggan memiliki daya beli
e. Situasi persaingan semakin kompetitif
f. Pengguna internet terus meningkat
12
II.8. Digital Marketing
Teknologi digital telah banyak membantu para pebisnis dalam mengolah berbagai pemasran produknya, digital marketing banyak mengubah cara pendang pebisnis dalam emasarkan produknya, para pebisnis dimanjakan bagaiman mengolah cara pemsaran yg efektif untuk membangn citra produknya agar laku dipasaran dan agar bisa tahan di dunia pasar. Digital marekting tidak hanya fokus pada barang melainkan jasa juga sudha banyak yg dipromosikan melalui digital marketing.
Pengusaha menjadikan digital marketing sebagai alat untuk memonitor penjualan produknya baik itu profit penjualan,siapa saja yg membeli produknya dll. Sementara Internet, mungkin, saluran yang paling terkait dengan pemasaran digital, yang lainnya termasuk Pesan teks, Pesan yg berasal dari mobile, aplikasi mobile, suarat elektronik, saluran televisi digital dan radio, dll.
13
BAB III PROSES DAN HASIL
III.1. Peran Digital Marketing Terhadap Bisnis
Dengan berkembangnya kemajuan teknologi sangat mempermudah orang untuk mencari berita dengan cepat, sebagian orang menggunakan digital sebagi media komunikasi atau bisa saja sebagai kegiatan marketing. Digital marketing berperan penting dalam dunia bisnis karena banyak sekali produk-produk dari sebuah perusahaan atau pengusaha yg terkenal melalui digital marekting atau internet marketing yg membuat produknya habis dan laku dipasaran . Peran ditial marketing bagi konsumen mempermudah calon pembeli menemukan informasi mengena barang yang akan di belinya, sedangkan bagi penjual/perusahaan digital marekting membantu pemasaran produk yg akan di jualnya. Dalam dunia pemasaran digital marketing sangat berperan penting terhadap apakah omset penjualan menaik atau bahkan menurun kita bisa ketahui dari berbagai macam flatporm yg ada di internet untuk membantu penjualan produk dan jasa kita.
III.2. Perencanaan Strategi Pemasaran Digital Yang Baik Untuk Bisnis
Ada beberapa langkah-langkah sederhana mengenai strategi pemasaran dalam digital marketing yang sangat efektif membangun kesadaran digital dan meningkatkan kesadaran merek. Adapun strategi pemasaraannya Sbb :
A. Langkah 1. Pahami target pasar ; Siapa mereka ? Dimana Mereka? Jurnal apa yang mereka baca?
B. Langkah 2. Analisa Pesaing; Jangan abaikan pesaing. Lakukan penelitian terhadap mereka untuk melihat bagaimana mereka menggunakan saluran pemasaran digital dalam menjangkau pelanggan.
Yang harus diperhatikan dalam analisis pesaing :
14
1. Identifikasi siapa saja yang terlibat dalam bisnis tersebut. Kita dapat mengetahui siapa pesaing bisnis kita.
2. Analisis Atribut-atribut yang dimiliki oleh pesaing utama, kegiatan ini dapat dilakukan dengn melakukan analisis SWOT atas bisnis yang sedang kita lakukan dibandingkan dengan pesaing utama,kesimpulannya analisis pesaing merupakan salah satu alat yang sangat penting untuk memulai secara kreatif memikirkan kembali (creative rethinking) strategi-strategi yang kita miliki (Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto (2014:190).
C. Langkah 3. Memprioritaskan Saluran Digital ; Banyak sekali media digital yg diperuntukan untuk mempromosikan barang, tinggal kita pilih maan yg cocok untuk mempromosikannya seperti (Facebook,Twitter,IG dll)
D. Langkah 4. Memaksimalkan Potensi Saluran Produk ; Memaksimalkan saluran merupakan langkah yg di ambil setealah kita tahu tujan bisnis kita apa semua tergantung tujuan setelah tujuan jelas makan tahap selanjutnya adalah memaksimalkan saluran.
E. Langkah 5. Mengukur Hasil Yang Telah di capai; Membuat pengukuran indikator misalnya menaikan omset yg tadinyas ekitar 20% menjadi 30%, melakukan pencairana alami sekian persen, mengukur apakah melalui media sosial a produk dan jasa kita bisa berkembang.
F. Langkah 6. Analisis Efektivitas ; Menguji apakah pemsaran yg kita lakukan sudah pas, melalui goole anlytyc ataupun media lainnya seperti facebook twitter dl
15
III.3. Dampak Positif dan Dampak Negatif Digital Marketing Terhadap Bisnis
A. Kelemahan Pemasaran digital Tradisional
Pemasaran secara tradisional tidak bisa melihat laporan secara instan terkadanag bebrapa orang merespon melalui sms ataupun panggilan telfon dari data yg terpampang di iklan/spanduk, tetapi para pebisnis tidak bisa melihat trafic seberapa pengunjung yg melihtnya. Sebenearnya bisa saja dilihat dari seberapa banyak konsumen yg menelepon kita atau sms, tapi hal tersebut dilakukan dengan waktu yg lama.
Pemasaran secara tradisional terkadang membuat pembeli malas untuk membaca selebaran iklan yg ada di kertas dibandingkan iklan yg tertera di media sosial dll
Pemasaran Tradisional tidak bisa melihat trafic seberapa pengunjung yg melihtnya. Sebenearnya bisa saja dilihat dari seberapa banyak konsumen yg menelepon kita atau sms, tapi hal tersebut dilakukan dengan waktu yg lama.
B. Keunggulan Digital Marketing
Internet menjadi salah satu digital marketing terluas yg dapat menjangkau keseluruh dunia, selain itupun dalam dunia marketing internet bisa memberikan umpan balik terhadap pengusah berupa data yg falid.
Dengan media digital online tsb, memungkinkan sebuah perusahan melihat siapa yg membeli catatan track penjualan dll
Digital marketing online cepat dan menjangkau dengan jangkauanluas diabndingkan pemasaran tradisional
Media digital memungkinkan konsumen untuk mengetahui informasi sebelum membeli produk sebagai contoh mana saja yg akan dia beli, selain itu media digital membantu pembeli untuk berkomunikasi dengan penjual nya langsung baik via webchat atau media sosial lainnya.
Dengan Media Digital Bisa meningkatkan omset penjualan
Media Digital membuat pemasaran produk/jasa akan lebih menarik
16
Media Digital membuat perusahan bisa melihat tarfic penjualan barang yg di post di suatu media
Media digital memungkinkan konsumen untuk mengetahui informasi sebelum membeli produk sebagai contoh mana saja yg akan dia beli, selain itu media digital membantu pembeli untuk berkomunikasi dengan penjual nya langsung baik via webchat atau media sosial lainnya.
Contoh Perusahaan Yang Memakai Digital Marketing, Ada beberapa contoh perusahaan yang menggunakan Digital Marketing diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Perusahaan Apple
2. Perusahaan Honda
3. Perusahaan Yamaha
4. Perusahaan Samsung
5. Perusahaan Nokia
III.4. Solusi Pemasaran Digital
Solusi pemasaran digital meliputi penggunaan berbagai cara pengiriman yg digunakan untuk memperluas jaringan suatu perusahaan terhadap konsumen. Persuahan memerlukan banyak solusi agar bisa mendapatkan konsumen sebanyak mungkin. Paradigma dlaam hal ini perusahaan harus membuat komitmen yg tiggi untuk pemsaran digital baik investasi teknolgi dan inovasi. Dan alhasil solusi pemasaran yang ideal berupa mencapai, retensi, dan pendapatan dan omset yg tinggi.
Aturan dalam pemasaran digital :
1. menciptakan komunitas virtual dan target segmen.
2. Memperluas Portofolio Produk secara global.
3. Gunakan harga yang kreatif dan murah .
4. Mengutamakan desain yg menjual bagi komsumen.
5. Gunakan eksperimentasi yang bersifat adaptif dan pendekatan menyeluruh terhadap konsumen.
17
III.5. Langkah-langkah Pemasaran Digital
Kesadaran
Pengusaha/Perusahan dapat membangun kesdaran pembeli melalui situs-situs ataupun melalui iklan-ikln di internet.
Ketertarikan
Ketertarikan muncul setelah adanya kesdaran, dari situ pembeli mulai sadar dan mencari informasi baik secara ofline maupun online. Secara ofline pembeli akan mencari informasi dengan langsung datang ke pasara, sedangkan secra online pembeli akan mencari tau melalui iternet ataupun surat kabar.
Keinginan
Muncul Keinginan membeli prouk yg ditawarkan dengan mencari keterangan produk jasa nya di berbagai media baik harga kegunaan dll.
Aksi
Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.
18
III.8. Bahasa Marketing (Digital Marketing) Untuk Pemasaran Online
Salah satu hal paling sederhana yang dapat seorang pengusaha lakukan ketika mengelola bisnis online adalah dengan memperhatikan diksi (pemilihan kata) atau bahasa marketing dalam usaha online yang Anda jalankan. Pemilihan kata yang tepat untuk menarik pelanggan merupakan cara yg sangat tepat untuk menarik pelanggan dan menaikan omset penjualan produk.
Beberapa bahasa marketing yang biasa digunakan para pebisnis untuk menarik pelanggan :
1. Anda atau Kamu ?
Penggunaaan Kata anda dan kamu terlihat simple namun tak jarang anda itu di ibaratkan kaku dibandingkan dengan kamu, tak jarang sekarang banyak perusahaan memakai kata kamu terhadap pelanggannya seolah-olah kesan firendly dan bersahabat terhadap pelanggannya, dibandingkan dengan anda yg terdengar kaku sebuah perusahaan sekarang sudah banyak yg memakai kata kamu terhadap sapaan ke pelangannya.
2. Kata “GRATIS” yang Menjual
Kata gratis yg sangat menjual hampir semua orang tergoda dengan kata gratis ataupun seperti diskon besar-besaran, mengapa karena di jaman yg sekarang banyak orang yg lebih peka terhadap produk yg di pasarkan gratis(gratis dalam arti disini biasanya didapatkan dengan syarat tertentu) misalnya beli 1 gratis 1 dll. Orang-orang akan tertarik jikalau terdapat penjual yg melakukan strategi penjualan tersebut
3. Kata “NEW” yang memberikan kesan Baru
Kata new ternyata sangat efektif untuk meningkatkan rasa penasaran calon pelanggan tak khayal para pelanggan akan manruh ekpetasi tinggi terhadap barang dan jasa misalkna new produk, new design dll. Pada dasarnya memang semua kembali lagi terhadap penilaian pelanggan masing-masing tai berdasarkan yg sudah banyak terjad bahwa kata new dianggap sangat ampuh terhadap omset penjualan.
19
4. Kata ”AMAN” yang Membuat Nyaman
Penggunaan kata aman memang sangat efektif di zaman sekarang contohnya di dalam produk makanan atau minuman, konsumen akan nyaman jiga produk yg kita jual bersifat aman terlebih lagi terhadap produk makanan. Oleh karena itu disarankan bagi pengusaha untuk mendaftarkan produk makanan/minumannya ke bpom.
5. Hebatnya kata “GARANSI”
Kata garansi sangat efektif menarik pelanggan karena pelanggan berfikir bahwa barang yang akan dibelinya merupakan asli bukan palsu terlebih pelanggan akan yakin bahwa produk yg dijual bersertifikasi resmi artinya barang itu bukan palsu atau tiruan, tapi kata garansi harus di pakai dengan semestinya jangan sampai membohongi calon pembeli.
20
III.6. Kunci Sukses Pemasaran Digital
Harus memperhatikan istilah pada AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action).
Pasar adalah tempat komunikasi dua arah. Untung memperoleh komunikasi para agen penjual harus melakukan fostioning trhadap produk yg dijualanya biasanya di forum blog,twitter dll
Gunakanlah media sosial yang sering digunakan kebanyakan orang agar mempermudah konsumen mencari informasi produk tersebut
Buatlah konten yang semenarik mungkin agar konusmen terpacu untuk membeli produk yg anda pasarakan
Gunakanlah pemasaran yg firendly dengan kata lain segala informasi harus bisa di akses oleh pelanggan (baik itu informasi harga produk dll)
Menggunakan bahasa mareting yang menarik
III.7. Tool Digital Marketing (Untuk Fondasi Bisnis Online)
Selain Strategi Pemasaran dan Konsep Penjualan yang baik ada juga faktor yang mempengaruhi seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya yaitu untuk selalu memonitoring project bisnisnya dengan tim bisnis nya atau dengan pelanggannya,bahkan sekaligus untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi ketika menjalankan bisnis oleh karena itu di zaman modern seperti sekarang susah banyak tool tool digital marketing yang akan mempermudah dan membantu menyelesaikan masalah tersebut.
Terdapat 3 Kategori Digital Marketing yaitu Management Project dan kolaborasi, Management Sosial Media, Marketing, dan Customer Support.
A. Management Project dan Kolaborasi
1. Trello
21
digunakan untuk bekerja secara kolaborasi atau untuk sebuah tim yang tidak harus saling bertemu dalam satu tempat atau ruangan, dalam kata lain aplikasi ini bisa membantu seorang pengusaha dan partner kerjanya menyelesaikan pekerjaan tanpa harus bertemu atau tatap muka.
2. Slack
digunakan untuk bekerja secara kolaborasi atau untuk sebuah tim yang tidak harus saling bertemu dalam satu tempat atau ruangan, dalam kata lain aplikasi ini bisa membantu seorang pengusaha dan partner kerjanya menyelesaikan pekerjaan dengan membicarakannya di dalam aplikasi ini bisa dibilang bahwa aplikasi ini seperti wechat atau whatsapp.
22
3. Folderit
Folderit yaitu Cloud Document Management System, yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil dan menengah. Tool ini aman, yang sangat penting saat seorang pengusha harus menyimpan dokumen sensitif dan mudah digunakan. Seluruh tim bisa menggunakannya bersama, yang membuat sharing dokumen penting lebih mudah dan sederhana.
B. Manajemen Sosial Media
1) Hootsuite
Hootsuite memungkinkan Seorang Pengusaha mengontrol dan memantau akun sosial media di satu tempat.
23
2) Buffer
Buffer, merupakan media digital marketing yang dapat menemukan konten dan jadwal posting yang direkomendasikan. Hal ini memungkinkan untuk pengalaman kerja tim yang mulus dan menyediakan segala macam wawasan yang berharga juga.
C. Tool Pemasaran
1. Metrilo
Metrilo merupakan, data Analytics yang mudah dicerna, CRM (Customer Relationship Management) untuk membangun profil pelanggan dan solusi email marketing lengkap sehingga Anda dapat bertindak atas semua data yang dihasilkan website Anda.
24
2. Google Analytics
layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Dengan kata lain bahwa bagi seorang pengusaha aplikasi ini sangat penting untuk melihat seberapa banyak orang yg mengunjungi website penjualan kita.
3. Mailchimp
Email marketing marekitng merupakan sebuah cara pendekatan kepada pelanggan melalui media elektornik yaitu surat elektronik, disitu para pengusaha bisa mengiklankan produknya melalui informasi berbasis email
25
D. Dukungan Pelanggan
1. HiverHQ
HiverHQ adalah Tool Email kotak masuk bersamaan yg bisa saja digunakan seorang pengusaha untuk memberikan tugas kepada anggota tim nya memonitoring trafic penjualannya.
26
2. Intercom
Intercom adalah solusi pendukung pelanggan yang lebih disesuaikan dengan tim menengah ke atas karena harganya sedikit lebih tinggi.
Seorang Pengusaha dapat dengan mudah membangun seluruh pusat bantuan di dalamnya. Seorang pengusaha tidak hanya bisa menggunakannya untuk membangun pusat bantuan, namun juga dapat mempermudah beberapa usaha pemasaran . Intercom menjaga semua orang / perusahaan yang berinteraksi dengan bisnisnya di satu tempat, di mana dapat memberi tag, melibatkan, dan memberikan edukasi.
27
III.8. Contoh Product dengan Pemasaran Digital
Di zaman modern yg basis hampir keseluruhan orang menggunakan digital tak aneh bila kebanyakan dari entrepreuner-entrepreuner indonesia suda mulai merambah memasarkan produknya melalui pemasran digital. Contohnya Reza Nurhilman beliau merupakan pemilik kripik predas yg sanagt terkenanl dibandung yaitu kripik maicih, beliau menjual kripiknya melalui medi sosial seperti facebook,twitter hasilnya reza sekarang sudah mendapatkan omset puluhan juta rupiah perbulan dan menjadikannya salah satu pengusaha muda tersukses di bandung. Selain entrepreneur ada juga perusahaan dengan digital marketing sukses contohnya Pocari Sweat membuat campaign pocari dimana produknya sering kali kita liat di iklan” tv maupun pinggir jalan dengan menggaet Girlband JKT48 sebagai brand ambasador nya membuat pocari semakin terkenanl dan tak khayal membuat omset perusahaan naik drastis, tak berhenti samapi disitu pocari juga membuat pocarimen yaitu sticker yg hanya bisa di download di aplikasi Line, satu jam peluncurannya sticker tersebut berhasil di copy sebnayak 1 juta download oleh masyarakat indonesia.
28
BAB IV
KESIMPULAN
Pemasaran adalah salah satu hal yang penting dalam suatu bisnis, sistem pemasaran yang baik merupakan suatu cara agar produk tetap bisa bertahan/hidup di pasaran. Pemasaran tidak hanya sekedar pengembangan produk yang baik dan penetapan harga yang menarik. Kendala yang dihadapi adalah pada efisiensi anggaran untuk media komunikasi pemasaran. Teknologi informasi khususnya digital marketing sangat mempengaruhi dunia usaha atau dunia bisnis, bahkan pemanfaatan pemsaran berbasis digital sebagai trend setter di era modern ini. Digital Marketing merupakan suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.Digital Marketig modern memerlukan lebih dari sekedar pengembangan produk yang baik, penetapan harga yang menarik, dan ketersediaan bagi konsumen sasaran.
29
DAFTAR PUSTAKA
Soegoto, Eddy Soeryanto. Entrpreneurship: Menjadi Pebisnis Ulung. Elex Media Komputindo, 2009.
Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing .
Khan, F., & Siddiqui, K. (2013). The Importance of Digital Marketing: An Exploratory Study to Find The Perception and Effectiveness of Digital Marketing amongst The Marketing Proffesionals in Pakistan. Journal of Information Sytems and Operations Management , 1-8.
Kotler, Philips. 2009. Manajemen Pemasaran (Terjemahan) Jilid 9. Jakarta : PT.Prehallindo
Machfoedz, M., 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Cakra Ilmu: Yogyakarta
Majalah Marketing/no.12/IX/Desember 2009 , Akses Maret 2014
Rahardjo, B., 2009. Diary Budi rahardjo. Oase Media: Bandung
Tandjung, J. W., 2011. 18 Jurus Ampuh Menyiasati Persaingan Bisnis. Andi Publisher: Yogyakarta.
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya.
30
Komentar
Posting Komentar